gravatar

Wayang kulit keramat

Postingan hari ini.saya akan coba membahas...oouups kelamaan langsung saja»»»
Mumpung nanti malam di kampung istri saya ada pagelaran wayang kulit,maka gak ada salahnya memposting soal wayang juga,lagian gak ada juga kok yang melarang..ok,lanjut....
Tulisan dimulai dari sini» Sudah tentu tiap dalang pasti memiliki seperangkat wayang kulit sendiri.biasanya dari sekian banyak wayang yang ada,pasti ada salah satunya yang dijadikan pusaka.wayang yang satu ini biasanya ditempatkan tersendiri,diberikan perawatan khusus dan tak jarang diberi sesaji
Tapi ada yang aneh pada wayang yang tersimpan di keraton mangkunegaran, solo ternyata satu set wayang,semuanya keramat oleh karena jangan heran hanya dalang pilihan yang mendapat restu dari raja-raja sanggup memainkannya.alih-alih memainkan untuk sekedar melihat saja di perlukan waktu khusus
Inilah kelebihan dan keanehan dari seperangkat wayang kulit milik keraton mangkunegaran.sudah menjadi tradisi sejak dahulu yang sampai sekarang tetap terlestarkan.saya yang lahir dan besar di solo baru sekali melihatnya,itupun saat ada acara ruwatan"murwokolo"sebab wayang ini hanya keluar kalau ada acara resmi kerajaan.sejarah wayang ini pun jarang yang tahu termasuk saya{tentang pembuat dan siapa yang menyuruh membuatnya}demikian sedikit info yang saya ketahui.

gravatar

Makasih bos.moga sukses ya

silahkan beri saran buat kemajuan blog ini